HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
Ket Photo (Atas Ki-Ka): BRIAN LUM, Vice President, Design Services Asia Pacific, Hyatt Hotels Corporation (Hongkong); ANDRE, FU Founder, AFSO (Hongkong) (Bawah Ki-Ka): Angel Yang, President, Kitchen & Bathroom, KOHLER Asia Pacific; CHRIS GODFREY, Global Principal, HBA Residential (UK & Singapore); TINA NORDEN, Partner, Conran and Partners (UK)

2021 KBDA Judges [EN&ID]

ALEXANDRA CHAMPALIMAUD

Founder & President, Champalimaud (USA

Alexandra Champalimaud sudah berhasil membangun reputasinya di tingkat dunia melalui karya-karya desain berkelas tinggi. Sebagai Pendiri utama Champalimaud, Alexandra selalu berusaha menekankan proses kreatif di setiap proyek perusahaan dan menjaga hubungan baik dengan klien.

Melalui karyanya, Alexandra ingin merangsang tumbuhnya rasa ingin tahu intelektual yang dinamis dan keterbukaan. Melihat begitu kayanya pengalaman pribadi maupun profesionalnya, menjelajah mulai dari kawasan Eropa, Afrika, Asia hingga Amerika Selatan, karya Alexandra dikenal luas karena sentuhannya yang mendunia dan menyentuh beragam aspek.  Bakat intuitifnya dalam memadukan warna, pola dan tekstur serta pemahamannya yang mendalam mengenai fondasi dan prinsip desain klasik seakan mengesankan sikap tanpa komprominya terhadap nilai-nilai estetis, namun demikian ia selalu menghormati kebutuhan klien dan sangat peka pada konteks budaya masing-masing proyek.

Selain mendapatkan Platinum Circle for Lifetime Achievement, sebuah Penghargaan Seumur Hidup dari Hospitality Design Magazine di tahun 2000, Alexandra juga dianugerahi oleh Interior Design and Hotels Magazine di tahun 2019 sebagai Interior Designer of the Year, dan, di tahun 2012, namanya diabadikan di Interior Design Hall of Fame. Alexandra juga menduduki jabatan di dewan Commisions des Biens Culturels du Quebec dan sebagai anggota aktif Heritage Montreal. Saat ini tercatat sebagai anggota The Network for Executive Women in Hospitality, The International Interior Design Association, dan lebih dari itu Alexandra adalah juga mantan wakil presiden Kamar Dagang AS-Portugal.

ED BAKOS 

Partner & CEO, Champalimaud (USA)

(Co-judge with ALEXANDRA CHAMPALIMAUD

Berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidang desain hospitality dan restoran mewah ditambah kolaborasi bersama sejumlah klien papan atas pada berbagai proyek bergengsi pemenang penghargaan telah menempatkan Ed Bakos sebagai sosok disegani di industri desain. Sejak bergabung dengan Champalimaud sebagai Managing Director di tahun 2012, Ed sudah membuktikan kehebatan strategi desainnya di berbagai macam proyek. Melalui kerja sama erat dengan klien dan tim desain dari perusahaan, Ed berhasil membentuk ruang arsitektural yang mampu mendukung terbentuknya dan berlangsungnya evolusi merek-merek mewah.

Ed telah memimpin banyak proyek hospitality yang inovatif, dan menyelesaikan sejumlah desain restoran yang memperlihatkan gaya uniknya dan desain bar pemenang penghargaan. Karya-karyanya seakan sudah menjadi langganan penerima penghargaan mulai dari Presidential Design Award atas perannya dalam renovasi kawasan Lower Concourse Grant Central Terminal New York, beberapa Gold Key Award dan sebuah Boutique Design Awardyaitu penghargaan Best Hotel di tahun 2010. Ed adalah salah satu anggota  Think Team pembangunan kembali World Trade Center

ANDRE FU

Founder, AFSO (Hongkong

Lahir di Hong Kong dan mengenyam pendidikan di Inggris sejak berusia 14 tahun, André Fu pernah mendapatkan pelatihan di Universitas Cambridge sebelum kemudian mendirikan studio pribadinya ANDRE FU STUDIO di tahun 2000. Fu diakui karena gaya desainnya yang idiosinkratik – pendekatan penuh pemikiran mendalam, pertimbangan masak namun analitis sebagaimana tampak melalui nilai estetis yang begitu halus dalam karya-karyanya – akibat pengaruh pendidikan multi budaya yang diterimanya. Proyek-proyek Fu mencakup berbagai macam kumpulan karya desain interior antara lain Upper House Hotel, St Regis dan Artus Residences di Hong Kong; The Mitsui Kyoto Hotel; Singapore’s Andaz Hotel; Pavilion Suites pada the Berkeley Hotel; Le Spa at Villa La Coste; Bangkok’s lush Waldorf Astoria Hotel dan kolaborasi bersama Louis Vuitton untuk koleksi Objets Nomades mereka.Tahun 2019, Fu meluncurkan André Fu Living (AFL) yang menawarkan desain rumah holistik

CHRIS GODFREY

Global Principal, HBA Residential (UK & Singapore)

Chris Godfrey adalah pemenang penghargaan British Architect and Interior Designer dengan karir cemerlang lewat proyek-proyek prestisius yang dikerjakannya dengan penuh ketelitian – seperti bangunan rumah, taman pacuan kuda, kantor-kantor pribadi, clubhouses dan jets – bagi klien-klien ternama di seluruh dunia. Sebagai seorang Arsitek dan Desainer Interior, Chris menawarkan desain holistik dari luar-ke-dalam dan dari dalam-ke-luar, mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil, dari rencana induk sampai gagang pintu; gagasan-gagasannya berkembang secara komprehensif dan terpadu. Chris adalah pendiri dan Global Principal HBA Residential, studio residential butik eksklusif Hirsch Bedner Associates; dan sekaligus Managing Partner Hirsch Bedner Associates (HBA) untuk kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika serta Brand Partner HBA. Chris juga menjabat sebagai Presiden the Society of British & International Interior Design (SBID) untuk periode 2020 -2021

STEVE LEUNG

Founder of Steve Leung Design Group Ltd. (Hongkong)

Steve Leung adalah seorang arsitek sekaligus desainer interior dan produk yang diakui di tingkat internasional, dan lahir di Hong Kong. Pengalamannya di dunia desain sudah mencapai lebih dari 30 tahun dan, karya-karyanya selalu mencerminkan karakter unik masing-masing proyek diperkaya sentuhan kontemporer, mengambil inspirasi dari budaya dan seni Asia. Tidak hanya terkenal sebagai penerima 15 kali piala Oscar-nya dunia Desain Interior, yaitu Andrew Martin International Interior Design Awards, Steve juga Pemenang Interior Designer of the Year Award 2015. “Desain memiliki kekuatan mendobrak segala batas”, dengan menggunakan filosofinya ini sebagai pegangan Steve membawa timnya ke arah kolaborasi lintas disiplin yang belum pernah ada sebelumnya, dan menghasilkan berbagai karya desain merek internasional. Steve juga tercatat sebagai Direktur Kreatif YOO pertama dari Asia.

Komitmennya memberikan terbaik bagi industri desain dan masyarakat, membuat Steve pernah ditunjuk sebagai President II International Federation of Interior Architects/ Designers dan anggota dewan Hong Kong Center. Di tahun 2014, Steve dan sejumlah desainer interior dari kota-kota daratan Cina, Hong Kong dan Taiwan mendirikan C Foundation bertujuan meningkatkan pendidikan dan pengembangan dunia desain di Cina

BRIAN LUM

Vice President, Design Services Asia Pacific, Hyatt Hotels Corporation (Hongkong)

Brian Lum, sebagai Vice President, Design Services, Asia Pacific pada Hyatt Hotels Corporation, bertugas memimpin sebuah tim spesialis multi talenta dalam mendukung pekerjaan desain, renovasi dan penyerahan berbagai proyek pembangunan hotel dan resort bergengsi pada portofolio Hyatt yang membawa 20 merek ternama. Sebagai sosok yang mengutamakan desain dan berfokus pada kualitas, Brian adalah penganut kuat paham nilai-nilai desain dan selalu berusaha agar desain karyanya mampu memberikan sesuatu yang berbeda, memperkaya pengalaman tamu sekaligus menyodorkan pilihan-pilihan. Berpijak dari warisan keunggulan dan reputasi kuat Hyatt dalam hal inovasi serta Food and Beverage, tim ini berhasil meraih sejumlah prestasi antara lain Andaz Bali & Andaz Shenzhen, Hyatt Regency Phnom Penh, Grand Hyatt Jeju, dan Park Hyatt Auckland.

Berbekal pengalaman lebih dari 23 tahun di dunia industri hospitality dengan keberhasilan menyelesaikan pembangunan hotel dan resort di lokasi-lokasi kunci di seluruh dunia, Brian telah dipercaya memegang sejumlah posisi senior level atas di lingkungan Hyatt dan posisinya saat ini sudah didudukinya sejak tahun 2016. Sebelum bergabung ke Hyatt, Brian pernah bekerja di berbagai posisi mulai dari Owner/Operator dan Konsultan Desain bagi The Peninsula Hotels, LTW Designworks dan Hirsch Bedner & Associates

TINA NORDEN

Partner, Conran and Partners (UK)

Tina adalah seorang arsitek dan desainer interior dengan beragam portofolio mencakup berbagai macam konteks dan kawasan, mulai dari desain bangunan hotel sampai bangunan residential eksklusif. Dalam menangani setiap proyeknya, Tina selalu mengutamakan detail dengan menggali konteks dan sejarah unik proyeknya sehingga tercipta ruang tanpa batas yang mampu menceritakan sebuah kisah. Desain Tina lebih mengutamakan gaya daripada mode agar hasil karyanya bertahan lama dan tak lekang oleh waktu.

Beberapa proyek yang baru saja diselesaikan termasuk restoran baru FEAST di lingkungan Hotel EAST Hong Kong, Peninsula Boutique dan Café di Hong Kong serta OTE, sebuah restoran ramen baru di Four Seasons Hotel Macao. Tina sudah bekerja di D&D London lebih dari sepuluh tahun dan hasil desainnya memenangkan penghargaan South Place Hotel di Kota London dan German Gymnasium di King’s Cross. Tina juga memimpin proyek desain bagi Rüya, dua restoran Anatolian di Dubai Marina dan Mayfair London.

 

homediary