Pink Mosque in Shiraz, Iran

Pink Mosque in Shiraz, Iran

0 1306
Sumber: architecture-mag.com l Disarikan oleh: Annisa Billa

Pink Mosque atau Masjid Pink (Merah Muda), juga dikenal sebagai Masjid Nasir ol Molk, adalah sebuah masjid yang dirancang dengan sangat indah di Shiraz, Iran. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Qajar di bawah perintah Mirza Hasan Ali antara tahun 1876-1888. Sampai saat ini, Masjid Pink masih berfungsi sebagai tempat ibadah bagi pemeluk Islam dengan pemeliharaan yang diurus oleh Yayasan Nasir ol Molk.

Arsitektur Masjid ini dirancang oleh Mohammad Hasan e Memār dan Mohammad Reza Kashi-Saz e Širāzi dengan menggunakan banyak potongan kaca patri berwarna indah yang memancarkan warna yang indah setiap kali matahari bersinar cerah. Setiap kali cahaya bersinar melalui berbagai warna kaca, hal ini menciptakan efek kaleidoskop warna yang membawa semangat untuk interior bangunan dan memancarkan warna yang indah ke karpet yang digelar di seluruh ruangan. Bangunan ini diberi nama Pink Mosque atau Masjid Merah Muda karena jumlah ubin berwarna merah muda yang digunakan dalam desain bagian dalam gedung jumlahnya lebih banyak daripada warna lainnya.

Kita hanya dapat melihat cahaya melalui kaca patri di pagi hari. Jika ingin mengunjungi Pink Mosque, disarankan kita mengunjungi pada pagi hari, karena ketika sudah siang hari, kita akan terlalu terlambat untuk menangkap keindahan cahaya yang terpancar. Melihat sinar matahari pagi yang menembus kaca patri warna-warni Pink Mosque yang jatuh ke gelaran karpet yang terpasang, begitu menyihir, seperti berasal dari dunia lain.

SIMILAR ARTICLES

0 332

0 1691

NO COMMENTS

Leave a Reply