HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
Teks: Catherina Putri l Foto: Istimewa

Hadirkan Mimpi Penuh Fantasi di Kamar Si Kecil

By : Catherina Putri, Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra

Dalam masa pertumbuhan anak, ada baiknya mereka mulai dilatih untuk menjadi pribadi yang mandiri, salah satunya dengan memberikan mereka ruang pribadi berupa kamar tidur.Kamar tidura dalah salah satu tempat dimana anak-anak dapat menghabiskan banyak waktu mereka, baik untuk beristirahat maupun bermain. Oleh karena itu, penting bagi anak merasa nyaman dan betah berada di dalam kamar tidurnya. Berikut beberapa desain unik kamar tidur dengan tema-tema menarik yang dapat memberi mood yang positif dan merangsang daya kreativitas anak.

1. Kamar dengan tema hutan dan pepohonan
Hutan dan pepohonan sangat cocok untuk anda yang ingin menghadirkan tema petualangan. Caranya cukup mudah, anda cukup mengecat plafon dengan motif ranting-ranting pohon dan menambahkan replika batang pohon mini di sudut ruang. Untuk menyesuaikan dengan suasana, anda dapat menggunakan kombinasi warna-warna cokelat, beige, cream, putih, dan abu-abu pada perabot dan upholstery. Tema ini sangat netral, sehingga cocok digunakan untuk kamar anak laki-laki maupun perempuan.

2. Kamar dengan tema Laut
Tema ini cocok untuk kamar anak laki-laki, dimana mereka dapat berimajinasi menjadi seorang pelaut. Kamar tidur ini memiliki suasana ruang yang tenang dan nuansa unik yang dapat meningkatkan imajinasi anak. Dengan penggunaan gradasi warna biru dan adanya focal point berupa tempat tidur yang menyerupai kapal, anak-anak akan sangat betah berada di dalamnya.

3. Kamar ala Puteri Disney
Mayoritas anak perempuan sangat menyukai film-film kartun Disney, khususnya cerita tentang puteri kerajaan. Selain sarat akan nilai moral dan kehidupan, film para puteri Disney juga turut membangun sisi fantasi dalam benak anak anda. Seperti di dalam film, anda juga dapat menghadirkan kastil kerajaan atau kereta kencana dalam kamar anak yang dapat difungsikan sebagai tempat tidur. Warna pink, soft pink dan putih pada keseluruhan interior serta dekorasi berupa boneka-boneka lucu akan membangun kesan manis dan nyaman di dalam kamar.

4. Kamar dengan “RumahPohon”
Tema rumah pohon adalah salah satu alternatif desain yang menyenangkan. Warna-warna yang digunakan netral, lembut, dan dapat dengan mudah menghadirkan rasa nyaman bagi sang anak. Tempat tidur dibentuk serupa dengan rumah pohon, lengkap dengan tangga untuk sampai keatas “rumah”. Biasanya, bahan yang digunakan untuk perabot adalah kayu, dengan berbagai varian warna finishing baik alami (cokelat muda atau tua) maupun berwarna (putih, biru, dan lainnya). Tema ini dapat digunakan pada kamar anak laki-laki maupun perempuan.

5. Kamar dengan nuansa Mobil
Tempat tidur berbentuk mobil akan sangat disukai oleh anak laki-laki. Modelnya yang unik akan menjadi focal point dalam ruangan. Suasana kamar dapat dibuat lebih menyenangkan dengan plafon yang dicat menyerupai langit biru, lengkap dengan awan-awan putih yang seperti aslinya.

6. Kamar ala Perkemahan
Kamar tidur dengan tema perkemahan cenderung disukai oleh anak perempuan, yang biasanya suka bermain rumah-rumahan. Aplikasi desainnya cukup mudah, yaitu dengan membentuk rangka menyerupai atap dan dinding rumah pada tempat tidur, kemudian diberi penutup berupa kain yang cukup lebar, seakan-akan sedang membuat tenda untuk berkemah. Untuk tambahan dekorasi, anda dapat menggunakan lampu-lampu kecil dan boneka-boneka yang disukai anak anda untuk menemaninya saat tidur.

7. Kamar dengan Permainan
Ide menarik lainnya adalah dengan menambahkan fasilitas bermain di kamar anak. Fasilitas tambahan ini dapat membuat mereka lebih betah dan merasa nyaman saat berada di dalam kamar. Ada berbagai jenis fasilitas yang dapat anda pilih sesuai minat dan hobi sikecil, misalnya perosotan dan ayunan. Keduanya dapat membuat nuansa kamar lebih atraktif dan unik.

Beberapa desain yang menarik di atas dapat anda gunakan sebagai referensi desain kamar sikecil. Laki-laki maupun perempuan, setiap anak pasti memiliki imajinasi kreatif dan unik yang menghiasi masa kecil mereka. Sebelum menentukan desain, jika memungkinkan, ajak anak anda untuk berdiskusi bersama mengenai desain kamar impian mereka, agar desain ruang yang tercipta dapat menghadirkan mimpi penuh fantasi.

homediary