HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
Teks l Foto : Istimewa

Homedec 2022 Bakal Seru! Deretan Perabot Lokal Kreatif, Berlimpah Diskon Hingga Ragam Talkshow Home Living

Jakarta – Salah satu hal yang dibutuhkan saat memulai tinggal di rumah baru adalah perencanaan ruang sesuai fungsi dan perabot pengisinya. Anda yang kurang akrab dengan dunia interior atau tidak ada waktu untuk belanja perabot kesana-kemari, mungkin sedikit kesulitan dalam memilih dan memadu-padankan aneka perabot dan perkakas secara tepat. Ada solusi yang barangkali akan membantu Anda dalam mendekor dan melengkapi keperluan rumah. Usai dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, pameran homeshow untuk renovasi, redekorasi dan rekondisi rumah terbesar di Indonesia, Home Design & Interior Exhibition (Homedec) kembali berjalan. Tahun ini, pionir pameran desain dan interior untuk kebutuhan rumah tinggal ini direncanakan akan digelar di Hall 3A, ICE BSD City, di kawasan Serpong, Tangerang, Banten, selama empat hari berturut-turut, yakni mulai dari 15 hingga 18 Desember 2022.

Gelaran yang dikemas secara eksibisi ini bakal menjadi momentum banyak orang untuk mencari referensi produk-produk unggulan terbaru di Indonesia, sehingga memberi kesempatan seluas-luasnya kepada konsumen dan masyarakat untuk berburu keperluan perabot dan perkakas rumah tangga, maupun mengail ide dan insipirasi dari berbagai tren dan preferensi desain interior rumah. Mengusung konsep one stop solutions yang menghadirkan kenyamanan berbelanja, pengunjung Homedec 2022 akan dimanjakan ribuan koleksi produk rumah tangga. Khusus tahun ini, Homedec memplot tema “Year End SALEbration”, yang memungkinkan momen pengujung tahun 2022 bakal menjadi kian seru dinikmati dengan belanja kebutuhan rumah impian. Ini karena akan ada banyak sekali promo menarik yang dihadirkan oleh produsen, workshop maupun distributor-distributor perabot maupun firma-firma interior desain ternama. Dengan memanfaatkan momen tersebut, masyarakat bisa memiliki produk yang didamba-dambakan dengan potongan harga tanpa mengurangi kualitasnya.

Direktur PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition, penyelenggara Homedec, R. Arief Sofyan Rudiantoro, menjelaskan, Homedec senantiasa hadir untuk mendorong para pelaku industri produk interior dan kebutuhan rumah, agar pasar properti dan turunannya seperti furnitur, interior, perkakas dan banyak lainnya terus bergerak. “Tahun ini akhirnya Homedec dapat diselenggarakan secara offline. Kami selalu penyelenggara berharap Homedec dapat menjadi momentum kebangkitan bagi para pelaku industri interior dan keburuhan rumah di masa pemulihan ini,” ujar Ariefdalam konferensi pers bersama media di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Pesta Diskon & Berjibun Acara

Menjadi ajang yang sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat di Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang dan Depok), tentu gelaran Homedec kali ini dirancang tidak biasa. Selain diplot sebagai momentum promo dan pesta diskon kebutuhan perabot dan interior secara besar-besaran, penyelenggara juga akan menyuguhkan kegiatan-kegiatan menarik untuk pengunjung.

Diantaranya Homedec Talk, Register & Win, Spend & Win, Best Deal, Lokal Profuk Area, Zero Waste Campaign hingga Kids Activities juga ada. Anda yang ingin mendapatkan informasi paling baru seputar home living seperti bicara fengshui, Korean room inspiration, bagaimana mengelola air di rumah secara benar dan tepat, tips pemilihan smart home sesuai fungsi dan gaya hidup, hingga seperti apa merancang taman maupun trik-trik ringan Do It Yourself (DIY) mendekor rumah dan lain sebagainya, nantinya bisa mengikuti kegiatan Homedec Talkshow yang digelar selama empat hari penuh.

Menariknya, tak hanya pengunjung yang melakukan pembelanjaan di booth eksibitor saja, namun pengunjung yang mengisi form registrasi visitor juga berhak mendapat kesempatan untuk mengikuti undian berhadiah. Dua benefit itu disebut ada di program Register dan Spend & Win. “Tahun ini kami komitmen akan memanjakan pengunjung dan peserta pameran karena sudah dirindu-rindukan banyak orang pameran Homedec secara offline,” ungkap Arief.

Junjung Lokal Produk

Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri eksibisi, PT CIS Exhibition rupanya cukup mahfum dengan konsep pameran inovatif skala global tanpa mengabaikan produk lokal di dalamnya. Penyelenggaraan pameran Homedec 2022 menampikan sejumlah produk-produk kreatif lokal demi mendukung program pemerintah “Bangga Buatan Indonesia”, sekaligus memberikan peluang bagi produk potensial daerah berkembang sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk lokal di pasar nasional maupun global. “Kami plot satu area khusus yang memamerkan deretan produk dari brand lokal dan UMKM. Tujuannya, selain mengembangkan akses pemasaran dan promosi produk lokal yang unggul dan berkualitas, penyelenggaraan pameran juga meningkatkan jejaring pemasaran antar peserta sehingga mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun pasar global,” papar Arief.

CIS Exhibition menargetkan sebanyak 25.000 pengunjung akan hadir dalam pameran kebutuhan rumah tangga ini. “Targetnya masih moderat, sama dengan tahun 2019 lalu karena masih pemulihan pandemi,” kata Sales Manager CIS Exhibition Novita Herawati. Meski begitu, pihaknya optimis pengunjung yang datang akan melampaui target seiring dengan sendi-sendi kehidupan dan perekonomian yang perlahan mulai membaik. “Apalagi konsep dan hadiah-hadiahnya menarik sekali di tahun ini,” imbuhnya. Seluruh eksibitor akan menempati total 280 booth yang telah ditargetkan melalui masing-masing desain booth yang menarik dan menawan. Acara bakal semakin seru dan banyak manfaatnya berkat kolaborasi Homedec dengan komunitas pengelola sampah rumah tangga atau zero waste campaign. Pengunjung yang mengajak anak-anaknya juga tak perlu khawatir anak akan bosan karena tersedia kegiatan menyenangkan mulai dari mewarnai hingga papercraft.

Untuk memudahkan transaksi, penyelenggara menggandeng sejumlah rekanan bank yang menawarkan promo cicilan 0%. Mendukung era cashless di Indonesia, segala transaksi di pameran juga bisa dilakukan melalui e-wallet (dompet digital). “Homedec di sini semaksimal mungkin berperan sebagai “connecting the dots” antara peserta pameran, pengunjung, komunitas dan profesional melalui program-program yang disajikan Desember mendatang,” tandas Novita.

homediary