Jurus Membangun Karakter Anak di Ruang Keluarga

Jurus Membangun Karakter Anak di Ruang Keluarga

0 559
Sumber & foto: Rumah.com l Disarikan oleh: Annisa Billa

Setelah seharian beraktivitas, seluruh anggota keluarga berkumpul di ruang tengah untuk berbagi cerita, bertukar pendapat, menyusun rencana, dan segala macam. Komunikasi antara orangtua dengan anak pun terjalin secara intens di area ini. Yang mengejutkan, komunikasi jenis ini juga berpengaruh terhadap daya tangkap anak. “Selain faktor genetis, pendidikan, gizi, teman, dan tingkat pendidikan ayah dan ibu, kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh interaksi dengan anggota keluarga. Seorang anak yang kompeten secara emosional akan kompeten pula secara sosial,” ujar Roslina Verauli, psikolog anak dan keluarga, kepada Rumah.com.

Lalu, bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik dengan anak? Psikolog dan konselor keluarga, Widiawati Bayu, menjelaskan bahwa setiap keluarga wajib memiliki ‘ritual keluarga’, yaitu saat seluruh anggota keluarga berkumpul. “Ritual keluarga ada banyak macamnya. Bisa saat makan malam, bisa di ruang keluarga, yang penting ada waktu untuk berbincang dari hati ke hati, akademis, membahas topik yang menyenangkan,” ujarnya. Tujuan ritual keluarga ini selain untuk berbagi wawasan, tetapi juga melatih anggota keluarga, khususnya anak, agar lebih berani berekspresi dalam emosi.

Ruang tengah, sering juga disebut ruang keluarga, adalah pusat kegiatan sosial sebuah keluarga. Di sinilah pusat kehangatan keluarga terpancar. Sesuai namanya, ruang keluarga menjadi area yang menjadi ‘pengikat’ keluarga. Agar anggota keluarga betah saat melakukan ritual keluarga tanpa televisi, maka ruang keluarga harus dirancang senyaman mungkin. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik dan kenyamanan ruangan dipengaruhi oleh penataan furniture. “Sesuaikan dengan cermat setiap furnitur yang akan digunakan dengan besaran ruang. Ruang akan terasa sesak saat penataan dilakukan berlebihan, baik secara ukuran, bentuk, atau pemilihan warna,” ujar arsitek dan desainer interior, Esya Roza, dari Desain Dekor.

Kenyamanan ruang keluarga juga diciptakan lewat pemilihan pernik dekorasi. Karpet yang nyaman dan bantal-bantal besar atau bean bag bisa menciptakan suasana santai dan nyaman, sehingga anggota keluarga betah berlama-lama. kita juga bisa mengganti sofa dengan daybed. Kita juga bisa menampilkan benda-benda memorabilia anggota keluarga dan menunjukkan serta mengingatkan betapa besar perhatian orang tua terhadap buah hati. Untuk warna, kita dapat memilih warna alam, seperti tekstur kayu untuk lantai, atau batu alam.

 

 

 

 

HomeDiary – Majalah Arsitektur dan Interior Langkah kami memang baru, namun komitmen kami memuaskan serta memanjakan Anda dalam menikmati dan memahami duni Interior, Arsitektur, Desain, serta Gaya Hidup tentu akan menjadikan majalah ini sebagai referensi Anda. Kami akan mengunjungi Anda setiap bulan dengan menyuguhkan artikel-artikel serta foto-foto indah menarik seputar hunian, desain produk maupun gaya hidup Jalan Damai V No. 3 Cipete Utara – Jakarta Selatan 12150 Telp: +62 (0)21 92636391 / 92479767

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply