HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
TekslFoto: Umi key

MELANDAS MEMPERKENALKAN CATTELAN ITALIA DI INDONESIA DAN MENGHADIRKAN INSTALASI DESAIN HASIL KOLABORASI DENGAN EMPAT DESAINER INTERIOR.

Industri furnitur di Indonesia sudah berkembang sangat pesat saat ini, baik untuk merek dagang lokal maupun kehadiran merek dagang luar yang semakin beragam dan memberikan alternatif desain furnitur bagi konsumen di Indonesia. Melandas adalah nama yang sudah menjadi andalan untuk mendapatkan furnitur premium berkualitas sejak tahun 1999 dan sudah sejak tahun 2012 menjadi distributor Cattelan Italia untuk Indonesia. Kini Melandas memperkenalkan lagi Cattelan Italia kepada konsumen, desainer, dan pemerhati desain di Indonesia sebagai representasi dari gaya hidup kontemporer modern yang mengedepankan kenyamanan dan sekaligus memiliki desain modern,sophisticated, premium, dan elegan.

“Dengan berkembangnya market furnitur di Indonesia, kami merasa perlu memperkenalkankembali Cattelan Italia. Dengan koleksi produknya yang memiliki desain ‘sepanjang masa’,Cattelan Italia menyuguhkan sebuah gaya hidup yang akan mengisi dan memaknai ruang-ruang sarat makna yang mewujudkan sebuah rumah.” Jelas Veridiana Lim, Direktur Melandas. “Hal ini yang mendorong Melandas selalu berusaha untuk bisa memberikan pilihan terbaik bagi konsumen untuk bisa mewujudkan ruang dengan furnitur pilihan yang akan membuat semua interaksi spesial dengan keluarga dan sahabat tersayang di rumah menjadi sesuatu yang tidak tergantikan.”

Sejak awal kehadirannya di industri furnitur global pada tahun 1979, merek dagang ini sudah dikenal dengan koleksi meja dan coffee table yang memanfaatkan marmer. Saat ini Cattelan Italia telah menjadi salah satu merek dagang ternama di Italia dan memiliki koleksi produk yang sangat beragam tanpa meninggalkan karakter khas dibawah arahan Giorgio dan Paolo Cattelan.

Tagline 100% Made in Italy menjadi andalan Cattelan Italia yang mewujud dalam desain berkualitas tinggi, sangat detail, serta memadukan keahlian dan kreativitas para desainer; yang tidak hanya mengulik bentuk, tetapi juga menghasilkan furnitur tampil smart dan mengedepankan kenyamanan. Prinsip inilah yang kemudian dikembangkan oleh empat desainer interior Indonesia ternama dalam kolaborasinya bersama Melandas untuk mewujudkan instalasi desain yang menempatkan produk Cattelan Italia dalam konteks cerita, imajinasi, dan ekspresi.

Keempat desainer tersebut adalah Kezia Karin, Alex Bayu Saputro, Eko Priharseno, dan Reza Wahyudi (Bobos) yang membawa pendekatan khas masing-masing ke dalam desain instalasi yang menjanjikan pengalaman visual dan rasa yang sangat mengesankan. Di sinilahAmalya Hasibuan melengkapi suasana dengan tatanan tanaman hijau magis dan memperkaya desain instalasi dengan kesegaran.

Dalam instalasinya kali ini Kezia Karin mengeksplorasi penggunaan beragam material dan warna untuk membangun kesempurnaan suasana sebuah ruang kerja yang dinamis dan bersemangat. Dengan kehadiran tatanan tanaman hijau yang menyegarkan, warna-warna terang bertemu dalam komposisi tatanan fungsional yang modern dan edgy.

Lain halnya dengan “Studio” karya Alex Bayu Saputro yang bercerita tentang seorang lelaki dan studionya. Berlatar pada kesan maskulin dalam sebuah ruang dengan panel-panel biru yang dipenuhi oleh furnitur edisi terbatas yang begitu diingini semua orang. Di tempat ini, segalanya terasa unik dan tak biasa. Rak buku, kursi, meja, dan segalanya terasa berbeda. Semua berada dalam tatanan seperti keinginan sang pemilik. Sebuah tempat baginya untuk bekerja dan beristirahat sembari memandang tanah impian di kejauhan.

Bagi Eko Priharseno sentuhan seni akan membawa pengaruh besar dalam sebuah rumah yang mewujud dari sekumpulan beragam fungsi. Kehangatan di dalamnya menjadi satu semangat yang terdefinisi oleh pemilihan furnitur yang juga mampu mewadahi keberagaman kebutuhan dan karakter penghuninya. Baik untuk tujuan hiburan atau personal, pertemuan antara gaya modern kontemporer dan sentuhan seni akan menghasilkan sesuatu yang menggugah pengalaman dan rasa.

Sementara bagi Reza Wahyudi, segalanya bisa jadi inspirasi yang menarik untuk diulik oleh dalam instalasi “Eclectic Dining Room”. Pernik biasa yang ada dalam kultur sehari-hari bisa menjadi sebuah elemen spesial ketika berada dalam tatanan yang tepat dan tetap mengedepankan harmoni serta keselarasan setiap elemen di dalamnya. Seperti buah nanas dan roti buaya, kontekslah yang memberikan perbedaan dan menyuguhkan pertunjukan visual yang akan menyenangkan dan menginspirasi banyak orang.

Melalui keragaman konsep, pendekatan desain, cerita, konteks, dan juga imajinasi yang melatari keempat instalasi desain tersebut, Cattelan Italia menjadi pemeran utamanya. Desain sepanjang masa yang juga cukup fleksibel menerjemahkan karakter dan cita rasa ini menjadi inti dari eksibisi “A Conversation of Furniture and Design” yang bisa dinikmati selama satu bulan di Flagship Store Melandas, Dipo Busines Centre dari tanggal 8 Agustus –8 September 2019. Pengunjung akan menikmati beragam pengalaman dan interaksi tentang dunia modern kontemporer dan eksplorasi material premium yang dibawa oleh Cattelan Italia.

homediary