HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
Teks: Angga Jesslyn lFoto: Utopia by Daria Zinovatnaya (https://zinovatnaya.com/interiors)

MEMPHIS DESIGN: Back to 80’s

Penulis: Angga Jesslyn Mahasiswa Desain Interior Petra

Bosan dengan desain rumah yang begitu-begitu saja? Salah satu solusi untuk mempercantik rumah anda yaitu cobalah gaya desain memphis penuh warna ini. Rumah adalah tempat kita untuk beristirahat, melepas penat dari padatnya kehidupan sehari-hari, dan untuk bersantai. Maka dari itu kenyamanan di dalam rumah sangatlah penting untuk diperhatikan. Kenyamanan dalam rumah tersebut dapat berasal dari perabot yang digunakan, penataannya, dan yang paling penting desain dari rumah itu sendiri.

Ciri khas dari desain Memphis iyalah mengkombinasi bentuk angeometris dari bermacam material dengan warna yang kontras. Patra yang digunakan biasanya bewarna hitam dan putih berupa garis tajam zig zag, segitiga, polkadot, dangan garis-garis yang bersilangan maupun tidak.

Namun untuk pengaplikasian Memphis pada era sekarang, tidak hanya mentah-mentah dari konsep awal Memphis tahun 1980an yang memakai banyak warna terang yang bertabrakan. Interior dari gaya desain Memphis ini memainkan sedikit warna, namun tetap terkesan hidup dan tidak monoton.

Memphis terkenal dengan konsep warnanya yang banyak. Dapat dilihat dari dinding, plafon, dan lantai, tidak hanya memakai warna putih saja. Namun dikombinasi dengan warna biru serta merah. Juga patra khas dari Memphis iyalah adanya garis-garis dan bentuk angeometris seperti kotak yang dapat dengan mudah diletakkan dimanapun dan dapat menghasilkan kombinasi yang bagus. Hal ini dimaksudkan untuk membuat ruangan terlihat lebih hidup.

Memphis juga terkenal dengan bentukannya yang unik, berbeda dari desain pada umumnya. Lampu gantung yang digunakan disini pun cukup unik dengan memainkan bentuk lingkaran yang cukup simple tapi menarik. Partisi yang digunakan juga bisa dari bentukan-bentukan geometris seperti perpaduan lingkaran dan kotak. Dengan menambahkan aksen lingkaran maupun kotak di area rumahAnda, seketika suasana rumah anda akan lebih menarik.

Anda juga bisa menggambar patra kotak-kotak pada dinding yang putih lalu diaplikasikan beberapa warna seperti oranye, kuning, magenta, teal, yang merupakan cirri dari desain Memphis untuk memberikan kesan hidup pada ruangan.

Ciri khas dari Memphis yang lain, anda bisa menambahkan garis zig zag baik pada dinding maupun perabot. Skala disesuaikan dengan besarnya area agar tidak terkesan seperti ilusi. Warna yang dipilih pada perabot bisa berupa warna netral seperti abu-abu, hitam, namun juga bisa diberi aksen warna oranye, merah gelap, atau biru.

Jadi, mari kita ubah rumah anda menjadi ketema tahun 80an ini sebagai alternative baru.

homediary