SCG Built A Place We Stand Showcase at Bangsaen, Thailand

SCG Built A Place We Stand Showcase at Bangsaen, Thailand

0 467
Teks & Foto: Bambang Purwanto

SCG Cement-Building Materials, pemimpin inovasi semen di Thailand, pada tahun 2014, memulai bekerja sama dengan tiga arsitek terkemuka Thailand untuk merancang dan membangun A Place We Stand Showcase at Bangsaen, ruang terbuka untuk publik di Pantai Bangsaen. A Place We Stand Showcase terdiri dari 3 bangunan modern yang berbasis bahan bangunan SCG dan lingkungan sekitar. Proyek ini didanai oleh Kotamadya Saensuk di Chonburi, dan telah dibuka untuk umum. Bangunan landmark ini membantu menginspirasi para arsitek muda dan juga para pengunjung, serta memberikan ruang yang indah dan bermanfaat bagi para penduduk Thailand agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Live for Reading Room

Perpustakaan ini dirancang oleh Duangrit Bunnag. Bangunan ini berdiri dalam harmoni dengan alam dan memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan pengetahuan dan berbagi pikiran sepanjang hari diiringi suara deburan ombak, pemandangan dari pepohonan yang teduh, dan sensasi hembusan angin sejuk. Struktur bangunan ini terbuat dari SCG Marine Cement yang merupakan tipe lain dari semen Portland yang diformulasikan secara khusus untuk konstruksi dekat atau di dalam laut dikarenakan karakteristik semennya yang dapat menahan sulfat dan membantu mencegah permeabilitas klorida. SCG Translucent Sheet digunakan sebagai atap dan dinding untuk menyebarkan cahaya natural guna menciptakan atmosfir membaca yang nyaman dan hemat energi.

The Labyrinth

Taman bermain yang dirancang oleh Pitupong Chaowakul untuk anak-anak dan orang dewasa. Ide desainnya adalah untuk memungkinkan anak-anak dan orang dewasa untuk berolahraga bersama dan secara bersama menikmati lingkungan alami. Struktur kuat terbentuk dengan menggunakan SCG Marine Cement. Dengan ditambahkan cat berwarna merah, semen tersebut dibuat di tempat untuk memastikan kekuatan dan keamanan pengguna. Bagian modular dan tangga kemudian dibangun. Berjalan di sekitar ruang tersebut akan membakar 10 kalori, sehingga dinamakan 10-Calorie Tower. “The Labyrinth” memenangkan penghargaan dari AR Emerging Architecture Awards 2015 di Inggris, yang merupakan penghargaan dunia paling popular dan bergengsi untuk para arsitek.

 The Flow

Paviliun serba guna yang dirancang oleh Twitee Vajrabhaya Teparkum. The Flow dapat mengakomodasi segala jenis aktivitas. Didesain dengan lantai yang lebih tinggi dan dibuat mirip dengan tekstur seperti kertas untuk menciptakan ruang tempat aktivitas berlangsung. Ruang ini dapat digunakan untuk duduk sambil menikmati pemandangan, atau menjadi tribun dan panggung kecil. Paviliun ini benar-benar ruang serbaguna bagi masyarakat. Strukturnya menggunakan SCG Marine Sheet, sedangkan atapnya dibentuk dari lembaran-lembaran kecil dari SCG Translucent Sheet dan  SCG Smartboard (papan semen fiber) dalam pengaturan spasi untuk memfasilitasi arus keluar cepat dari udara panas dan memberikan keteduhan berlubang mirip dengan pohon besar. The Flow memenangkan hadiah pertama dari Blueprint Awards 2015 di Inggris dan runner-up dari World Architecture 2015 (WAF Awards) di Singapura; Kedua penghargaan ini adalah kompetisi desain yang diakui secara internasional.

NO COMMENTS

Leave a Reply