Vico Magistretti Exhibition: a Traveling Archive – A tribute to the Legendary...

Vico Magistretti Exhibition: a Traveling Archive – A tribute to the Legendary Architect and Designer. 9 Sep-7 Oct 2016.

0 616
Dinterpretasikan oleh: Annisa Billa l Foto: Koleksi Fondazione Studio Museo Vico Magistretti & Bambang Purwanto

Kedutaan Besar Italia dan Italian Cultural Institute Jakarta kembali menyelenggarakan pameran menarik. Kali ini mengambil judul Vico Magistretti: A Traveling Archive. Sebuah tribute yang ditujukan kepada sang arsitek dan desainer legendaris, Vico Magistretti. Pameran dibuka oleh Duta Besar Italia untuk Indonesia, HE Vittorio Sandalli pada tanggal 8 September 2016 dan dibuka untuk umum mulai 9 September hingga 7 Oktober 2016.

Pada pameran ini, Studio Vico Magistretti di Milan direka ulang oleh Arsitek senior Arch. Dipl. Ing. Cosmas D. Gozali, IAI. “Merupakan suatu kehormatan dan sekaligus tantangan bagi saya untuk memperkenalkan lebih jauh sang maestro Arsitek Vico Magistretti kepada Masyarakat Indonesia,” Arsitek Cosmas Gozali menyampaikan dalam sambutannya. Dalam membuat instalasi untuk pameran ini, Arsitek Cosmas Gozali mengangkat konsep dari esensi karakter yang kuat sang maestro. Instalasi ini berbentuk kotak pipa plastik berwarna dominan putih yang menciptakan ruang abstrak dan modern. Instalasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah replika studionya yang menghadap ke salah satu Piazzas Milan tetapi terinterpretasi lebih abstrak. Studio tersebut merupakan ruang kerja di mana Magistretti berkreasi di sepanjang karirnya. Dinding studio dipenuhi dengan sampel bahan kertas favoritnya, sketsa yang digambar di halaman koran, gambar yang dibuat untuknya oleh cucu-cucunya, surat korespondensi dengan teman dan kolega, serta foto-foto keluarga. Sementara di sisi lain, dipajang desain produknya yang juga diatur berdasaarkan urutan tahun, sehingga pengunjung dapat mengenali karya-karyanya dengan cara yang lebih mudah.

Lebih lanjut, Pameran Vico Magistretti: a Traveling Archive juga akan menyampaikan gambaran yang lebih mendalam tentang karya arsitek dan desainer Milanese yang semasa hidupnya telah menerima beberapa penghargaan penting dalam bidang desain, termasuk di antaranya Penghargaan Compasso d’Oro (tiga kali) dan Hadiah Pertama dari Triennale dari Milan. Pameran ini menyoroti kreativitas Magistretti dan karya-karyanya dengan beberapa perusahaan yang paling menonjol dalam desain di Italia di antaranya Artemide, De Padova, Flou, Oluce, Schiffini, dan Cassina yang ditunjukkan melalui sketsa, gambar, catatan, surat, dan faks, serta pilihan kreasi yang paling penting: Eclisse, Dalu, lampu Atollo, sofa Maralunga, rak buku Nuvola Rossa, dan dapur Cinqueterre. Selama pameran juga disuguhkan serangkaian video, termasuk wawancara berdurasi 40 menit, dalam bahasa Italia dengan teks bahasa Inggris, di mana Vico Magistretti menjelaskan teori tentang desain; video Stefano Boeri dan Patricia Urquiola yang menjelaskan pendapat mereka tentang Vico Magistretti.

Pameran Vico Magistretti: a Traveling Archive juga akan digelar pada Kegiatan Seni Kontemporer Indonesia dan Desain yang diselenggarakan pada tanggal 7 Oktober sampai 11 November 2016 di Grand Kemang Hotel Jakarta dan juga akan terbuka untuk umum.

Pameran ini diselenggarakan berkat kerja sama antara Fondazione Studio Museo Vico Magistretti, Italian Cultural Institute Jakarta, Cosmas Gozali Atelier, Budi Pradono Architects, Arch. Luigi Cipolla, Seni Kontemporer Indonesia dan Desain, Ambiente, dan Moie.

NO COMMENTS

Leave a Reply