Buku ART DESIGN VINTAGE Diluncurkan

Buku ART DESIGN VINTAGE Diluncurkan

0 921
Teks & Foto: Bambang Purwanto

Luthfi Hasan, interior dan furniture designer yang juga pendiri Jakarta Vintage,  bersama penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) meluncurkan buku keduanya yang berjudul: ART DESIGN VINTAGE (ADV) (19/09/2016). Buku yang sangat visual ini menampilkan art dan design karya Luthfi yang terinspirasi oleh dan menggunakan barang-barang vintage dan bekas atau reclaimed. “Melalui buku ini saya ingin berbagi kepada masyarakat bahwa art dan design bisa tampil menarik dan kontemporer sekalipun dari barang bekas dan vintage,” kata Luthfi.

Buku ADV juga menampilkan karya kolaborasi Luthfi dengan artis-artis muda seperti Aqil Prabowo, Irene Saputra, Sarkodit, dan Atreyu Moniaga. Selain itu, ditampilkan pula koleksi art dari Luthfi yang amat beragam, mulai dari karpet dinding, piringan hitam, komik, sampai boneka kain. Satu benang merah dari koleksi Luthfi adalah semangat dan aura happy yang konsisten dalam semua artwork-nya. “Art bagi saya adalah sebuah harapan akan dunia yang lebih menyenangkan, di mana bahkan monster pun tampak lucu menggemaskan, serta mimpi buruk pun menjadi indah dan berwarna, ” demikian Luthfi menjelaskan pandangannya tentang art. “Pilihlah art yang membuat kita senang setiap kali kita melihatnya,” tambah Luthfi.

James de Rave, seorang promotor dan konektor seni, melihat buku ADV ini sebagai sebuah angin segar. “Benar-benar membuka mata saya. Saya tertegun dan sekaligus terhibur dengan grafis di buku ini. Only a bold individual can embrace eclecticism and turn it into a signature style.  Only a sophisticated observer can appreciate a clear statement of personal style,” ujar James. Sementara itu Fabianus, HK. MSn., Ketua Jurusan Program Studi Interior Design Institut Kesenian Jakarta menilai buku ini sebagai sebuah dokumentasi tentang urban craft yang cukup jarang di Indonesia. “Luthfi ini seorang urban crafter yang membangun design dan art dari simbol-simbol urban. Buku ini wajib dimiliki oleh para penikmat art dan design, termasuk mahasiswa,” papar Fabianus.

Bagi KPG, isi buku ini menawarkan sesuatu yang baru, yang belum pernah diterbitkan sebelumnya. “Buku ini sangat personal, kaya akan grafis yang bold dan text yang witty. Uniknya tetap relevan untuk khalayak. Saya yakin pencinta art dan design akan menyambutnya dengan baik,” kata Pax Benedanto, Direktur KPG. Buku ADV berukuran 16x22cm, full color, hard cover, 238 halaman dengan harga jual Rp 185,000. Dijual di jaringan took Gramedia di seluruh Indonesia.

NO COMMENTS

Leave a Reply