HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
Teks l Foto : Istimewa

Pembangunan Konstruksi IKN Mengusung Proyek yang Berbasiskan Smart City dan Sustainability Development

Jakarta, Jumat 17 Juni 2022. Bertepatan dengan helatan pameran Megabuild Indonesia yang berlangsung di Jakarta Covention Center, Senayan Jakarta Pusat.
PT BCI Central (BCI Asia) menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Pembangunan Konstruksi IKN Mengusung Proyek yang Berbasiskan Smart City dan Sustainability Development”, dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten dalam keahliannya, yaitu dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Waskita Karya dan PT Kone Indo Elevator. Acara ini dihadiri oleh 157 peserta dari berbagai macam profesi.
Menurut Pierre Natigor Pohan Pejabat Pembuat Komitmen Bina Penataan Bangunan Kementerian  PUPR Provinsi Kalimantan Timur dalam paparannya menyebutkan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) akan terbebas dari banjir, bahkan banjir 100 tahun. Hal ini berdasarkan kajian Bappenas dan Kementerian ATR sejak 2019, pemilihan lokasi IKN saat ini telah mempertimbangkan mitigasi bencana baik banjir maupun gempa.
Sementara itu, menurut Direktur Operasional I PT Waskita Karya I Ketut Pasek Senjaya Putra menyatakan bahwa pembangunan IKN saat ini penuh tantangan dengan target tahun 2024 Presiden Joko Widodo sudah bisa memimpin Upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara. Bisa dipastikan harus terbangun Istana, Markas Polri dan tempat tinggal ASN yang akan mengabdi di sana.
Penggunaan material precast menjadi salah satu pilihan dalam proyek pembangunan IKN. Adi Pananrang sebagai Direktur Sales PT Kone Indo Elevator juga memaparkan penggunaan teknologi tepat guna dalam sebuah pembangunan sebuah kota (Smart City). Teknologi yang bisa membantu warga kota untuk tetap terhubung dengan pemerintah setempat.

homediary