HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
TekslFoto: Istimewa

Perkembangan Trend Rumah Minimalis dengan Atap Beton

Betonmix dan Aquaproof Pro solusi atap beton bermutu tinggi, bebas rembes, dan boco

JAKARTA, 24 Juli 2020 – Atap beton seperti atap rumah jenis lainnya tetap memiliki fungsi utama untuk melindungi rumah dari berbagai cuaca. Namun atap beton juga dapat dimanfaatkan untuk ruang tambahan seperti cuci atau jemur pakaian, olahraga pagi atau sore hari, taman kecil, bersantai bersama keluarga hingga kegiatan seru seperti barbecue. Aktivitas- aktivitas tersebut dapat menciptakan energi yang positif bagi keluarga.

Agar atap beton dapat dimanfaatkan secara maksimal saat berada di rumah, maka atap beton harus dibangun kokoh, bebas bocor dan rembes. Sangatlah penting untuk mengetahui bahan yang digunakan agar dapat menghasilkan atap beton bermutu tinggi. Aquaproof sebagai pelopor cat pelapis anti bocor terus berinovasi menghasilkan produk-produk berkualitas dan menyediakan solusi untuk rumah Anda, salah satunya adalah solusi atap beton. Simak langkah-langkah berikut untuk mendapatkan atap beton bermutu tinggi, bebas bocor dan rembes:

  1. Campuran Coran Beton dengan Betonmix
    Betonmix merupakan bahan campuran beton dengan Superior Plasticizer Technology untuk mempermudah pengecoran (terhindar dari beton keropos), meningkatkan mutu beton, dan mempersingkat waktu pengerasan beton (beton yang berumur 1-14 hari setara dengan beton umur 28 hari).
    Cara penggunaan:

    •   1 kg Betonmix digunakan untuk 2-8 zak semen (1 zak semen = 50 kg) atau 0,2% – 1 % dari berat semen
    •   Masukkan campuran air dan Betonmix ke dalam adukan pasir, kerikil, dan semen, lalu aduk hingga rata
    •   Campur Betonmix dengan air yang akan digunakan. Penggunaan air dapat dikurangi 10% – 30% dari kebutuhan air normal.
    •   Lakukan pengecoran seperti biasa, usahakan adukan beton selesai dituang dalam waktu kurang dari 1 jam
  2. Pelapisan primer (Super Cemen + semen)
    Campuran Super Cement dan semen merupakan kombinasi yang tepat sebagai primer. Selain berfungsi menutup pori- pori pada plasteran, campuran tersebut juga dapat meningkatkan daya lekat ke substrat dan mengikat partikel kecil yang masih tertinggal.
    Cara penggunaan:

    •   Bersihkan permukaan yang akan dilapisi primer dari lumut, jamur, sisa semen dan kotoran lainnya
    •   Campurkan Super Cement dan semen sebagai primer dengan perbandingan volume 1:11⁄4 dan aduk hingga rata
    •   Aplikasikan primer Super Cement dan semen dengan menggunakan kuas atau rol
  3. Pelapisan waterproofing (Aquaproof Pro)
    Aquaproof Pro merupakan pelapis anti bocor yang diformulasikan dengan inovasi terbaru akrilat poliuretan untuk mela- pisi struktur horizontal/vertikal, baik sebagai pelapis interior maupun eksterior. Aquaproof Pro memiliki sifat waterpond- ing resistence yang baik, sehingga cocok diaplikasikan di dak beton.
Cara penggunaan:

 Setelah lapisan primer kering, lapiskan Aquaproof Pro dengan menggunakan kuas, rol, atau alat penyemprot
 Tunggu lapisan pertama kering dan lakukan proses pelapisan kedua, bila dimungkinkan menyilang terhadap lapisan pertama
 Khusus bagian sambungan direkomendasikan menggunakan Aquaproof Polyester Mesh atau Supermesh

Aquaproof juga selalu berusaha mendekatkan diri dengan pelanggannya dan menghadirkan produk-produk yang menjadi solusi berbagai permasalahan bangunan. Tidak sulit untuk mendapatkan produk-produk Aquaproof seperti Betonmix, Super Cement dan Aquaproof Pro, bisa langsung ke toko bangunan dekat rumah, modern outlet khusus bahan bangunan ataupun berbelanja online di marketplace seperti Blibli.com dan Tokopedia dengan berbagai tawaran yang menarik.

 

homediary