HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior

Raul Renanda, Talented Young Architect

[quote_box_center]Mendalami arsitektur selama lebih dari 10 tahun, Raul Renanda terus mencoba untuk menghadirkan ruang publik yang mendorong energi positif bagi masyarakat.[/quote_box_center]

Dunia arsitektur Indonesia boleh berbangga karena memiliki putra-putri cemerlang yang mampu mengharumkan nama bangsa dengan karya-karya terbaik. Beberapa di antara mereka bahkan sudah melanglang buana dan sudah merasakan apresiasi positif dari dunia arsitektur internasional.

BERKARYA SEJAK MUDA

Nama Raul Renanda merupakan salah satu yang cukup menonjol. Arsitek muda ini sukses berkiprah di bidang arsitektur, interior, dan desain produk serta telah menangani berbagai macam proyek, dari rumah, cafe hingga ke bangunan besar seperti apartemen atau gedung teater.

Karir Raul dimulai setelah ia lulus dari Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 1994 dan bekerja di konsultan arsitektur Atelier 6 Jakarta sebagai arsitek serta merampungkan karya pertamanya, mendesain Gedung Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Selepas itu, Raul Renanda lalu berangkat menimba ilmu di Singapura dengan bekerja di William Lim Associates dan 3P Architects, selain melakukan studi di New Zealand di sela-sela waktunya.

Tahun 2002, Raul Renanda kembali ke Jakarta dengan segudang pengalaman baru dan sebagai wadah kreatifitasnya, ia pun membentuk Raul Renanda Design yang dikelola hingga saat ini. Di mulai dari titik inilah, Raul Renanda semakin rajin berkarya dan memberi kontribusi positif terhadap perkembangan arsitektur tanah air.

Filosofi desain Raul Renanda adalah menciptakan desain yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Keseimbangan dalam memuaskan klien dan menjaga lingkungan merupakan sebuah tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus bisa diselesaikan pada setiap konsepnya.

Ternyata Raul Renanda juga merupakan seorang arsitek yang serba bisa. Dibalik kesibukannya sebagai seorang arsitek, Raul Renanda juga menekuni beberapa kegiatan lain seperti menulis buku, mengisi kolom di sebuah harian tanah air, mendalami fotografi serta melukis. Tulisan yang ia buat diharapkan bisa mengedukasi publik mengenai pentingnya sebuah desain dan apa keuntungannya bagi masyarakat.

Keinginannya terpendam seorang Raul Renanda adalah untuk menciptakan sebuah desain monumental yang terkesan maksimal dan bisa dibanggakan. Raul Renanda mengaku sudah meracik sebuah konsep yang matang secara visual dan tinggal menunggu kesempatan untuk melakukannya.

HARAPAN MASA MENDATANG

Raul juga merupakan seseorang yang concern terhadap perkembangan arsitektur Indonesia. Pertumbuhan ini diapresiasi Raul Renanda secara positif. Menurut Raul Renanda  tingkat kematangan para arsitek tanah air sudah mengalami peningkatan yang lumayan. Raul Renanda yakin, kedepannya para arsitek Indonesia akan mampu menciptakan sebuah karya arsitektur revolusioner yang patut dibanggakan.

Menurut Raul Renanda, ada beberapa pembenahan yang perlu dilakukan agar para arsitek lokal bisa bersaing lebih baik dengan arsitek luar negeri, diantaranya adalah keharusan untuk memiliki pemahaman lebih terhadap unsur budaya dan rancang bangun tradisional karena karakter inilah . Selengkapnya di Majalah Home Diary edisi ke-4

HomeDiary

Add comment