HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
TekslFoto: Umi key

SCG Welcoming Year Press Party 2019

SCG, salah satu konglomerate bisnis di ASEAN, menjalankan tiga bisnis utama: Cement-Building Materials, Chemicals, dan Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan yang bernaung di bawahnya, dan sekitar 57.000 pegawai, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan pelayanan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan masa kini dan masa depan konsumen.

Prinsip Bisnis SCG

SCG berkomitmen untuk menjalankan bisnisnya dengan mengusung prinsip circular economy dan sustainable development untuk menghadirkan sistem ekonomi terbaik dan menjadi pemimpin dalam bisnis yang berkelanjutan. SCG telah mengembangkan dan mengimplementasikan rangkaian praktik-praktik bisnis terbaik dalam prinsip circular economy di semua operasi bisnis di Indonesia untuk memastikan pertumbuhan ekonomi tanpa mengesampingkan kehidupan masyarakat dan kualitas lingkungan alam. Prinsip sustainable development SCG didasarkan pada prinsip-prinsip internasional tentang good corporate governance yang melingkupi aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Selama 100 tahun menjalankan bisnis, SCG memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki untuk mempromosikan kelestarian alam, kesejahteraan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi di wilayah operasinya, termasuk Indonesia. Usaha SCG untuk mempromosikan prinsip circular economy dan sustainable development telah diakui secara internasional oleh Dow Jones Sustainability Indices (DJSI) sebagai pelaku bisnis di ASEAN yang pertama kali terpilih sebagai anggota sustainable company in Construction Materials Industry untuk ke 15 kali secara beruntun sejak 2004.

SCG di Indonesia

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia pada tahun 1995 dalam bisnis trading dan perlahan-lahan mengembangkan investasi bisnisnya pada industri cement-building materials, chemicals, dan packaging. Sampai saat ini, SCG telah menaungi 28 perusahaan di seluruh Indonesia yang dijalankan oleh 7.200 pegawai.

Produk yang ditawarkan adalah produk infrastruktur di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai Jayamix by SCG, beton ringan SCG Smartblock, SCG Pipe and Precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC Resin, corrugated containers, dan offset printing. SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia. Selain itu, SCG  juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal dermaga yang mendukung penjualan dan logistik untuk bisnis di seluruh Indonesia.

Program Pengembangan Masyarakat di  Indonesia

Dengan visi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, SCG senantiasa berkontribusi kepada masyarakat di seluruh wilayah operasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Selama bertahun-tahun, SCG telah melakukan usaha untuk melaksanakan program pengembangan masyarakat dan memperkuat komitmen perusahaan untuk menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia melalui program-program development,di antaranya :

Sharing the Dream

Dilaksanakan pertama kali di tahun 2012, SCG Sharing the Dream adalah program beasiswa yang diberikan kepada siswa SMA dan mahasiswa yang memiliki catatan akademik yang baik dan memiliki rasa terimakasih kepada orang tua serta memiliki semangat yang besar untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi diri mereka dan keluarga. Di tahun ke-7 di 2018, SCG menganugerahkan beasiswa kepada 400 siswa dan 10 mahasiswa dari Jakarta, Bogor, Cileungsi, Karawang, Tangerang Selatan, Sukabumi, dan Bayah.

Excellence Internship

SCG menyadari bahwa pengalaman kerja sesungguhnya dibutuhkan oleh fresh graduate di Indonesia untuk memasuki dunia kerja  yang  kompetitif. Sebagai perusahaan internasional yang penuh dengan pengalaman serta lingkungan kerja bertaraf global, SCG menyediakan Excellence Internship untuk membekali pelajar Indonesia dengan pengalaman dan ketrampilan, serta pengetahuan internasional yang akan menjadi kunci dalam menghadapi kompetisi secara global. Di tahun 2018, selama periode magang mereka akan diberikan berbagai tugas di berbagai divisi pada unit bisnis Cement and Building Material, sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka, dan bekerja dengan pekerja dari berbagai latar belakang dan negara. SCG turut menyediakan kesempatan merasakan budaya kerja internasional bagi para pelajar dengan mengundang mereka menuju SCG Headquarter di Bangkok.

Golf Inspiration with Ariya Jutanugarn

Bagian dari program pengembangan terbaru di tahun 2018, SCG menghadirkan Ariya Jutanugarn untuk berbagi ceritanya dalam mewujudkan impiannya sebagai pegolf nomer satu di dunia. Pada acara ini, SCG mengadakan sesi inspirasi dan sesi berbagi praktik bermain dengan 50 pegolf muda Indonesia. Sesi-sesi tersebut bertujuan menginspirasi generasi muda untuk pantang menyerah dalam mengejar dan sukses mencapai tujuan hidup mereka, dimulai dari semangat bermain golf hingga semangat untuk berkontribusi lebih bagi Indonesia.

homediary