HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
TekslFoto: Umi key

Sinar Mas Mining Memberi Makna ‘Bekerja’ yang Berbeda dengan Bermitra Bersama WeWork untuk Menghidupkan Kembali Budaya Kerja dalam diri Karyawan

Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia, dengan harapannya untuk menjadi 10 negara ekonomi terbesar di dunia. Hal ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan WeWork di Indonesia yang baru-baru ini merayakan pembukaan lokasi ketujuhnya di South Quarter. Tujuh puluh dua persen anggota WeWork di Indonesia menyatakan bahwa WeWork menjadi akselerator pertumbuhan perusahaan mereka. Salah satu anggota berskala perusahaan besar di Indonesia, Sinar Mas Mining berbagi bagaimana WeWork telah membantu mereka menginspirasi inovasi dan kreativitas, mendorong kolaborasi dan meningkatkan efisiensi tim karyawannya.

Sebagai pemimpin di industri pertambangan, Sinar Mas Mining bagian dari Sinar Mas Group dengan portofolio bisnis industri pertambangan dan perpanjangannya di Indonesia dan luar negeri, memiliki lebih dari 40 entitas bisnis yang mencakup produksi batu bara dan bisnis baru seperti innovation labs dan inkubator. Saat ini, Sinar Mas Mining memiliki lebih dari 3.000 karyawan. Di tengah bertumbuhnya generasi milenial dalam angkatan kerja Indonesia saat ini, perusahaan mapan lokal seperti Sinar Mas Mining diharapkan mampu untuk terus berkembang dan mendorong interaksi dan pendekatan bisnis secara digital dan intuitif. Menyadari kebutuhan kolaborasi dan jaringan, pada tahun 2018 Sinar Mas Mining memindahkan karyawan dan tim dari beragam divisi ke WeWork Sinarmas MSIG Tower.

“Dengan Indonesia yang semakin kuat di Asia Tenggara, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berada di sini. Kami melihat semakin banyak perusahaan besar memanfaatkan WeWork sebagai bagian dari ekspansi dan pertumbuhan inovasinya. Faktanya, 43% dari keanggotaan kami berasal dari perusahaan besar global seperti Microsoft, GE dan Standard Chartered,” kata Turochas “T” Fuad, Managing Director, Southeast Asia and Korea. “Merupakan sebuah bukti nyata akan peran kami dalam membantu memberikan dampak pertumbuhan bagi anggota kami yang merupakan perusahaan besar dengan 54% anggota menyatakan bahwa WeWork mempercepat pertumbuhan perusahaan mereka secara global dan 80% menyoroti peningkatan produktivitas mereka sejak bergabung dengan kami.

” Sesuai dengan nilai WeWork dalam kemitraan dengan perusahaan besar untuk fokus pada hal yang paling penting: karyawan dan tujuan mereka, WeWork bekerja sama dengan Sinar Mas Mining untuk memahami kebutuhan ekspansi dan lokasi mereka. Tantangan: ruang kerja yang berbeda dan terpisah dari budaya utama perusahaan Saat ini, Sinar Mas Mining tengah memperkuat transformasi digital-nya dan menargetkan untuk mengubah cara mereka bermitra dan bekerja bersama secara internal, mereka mencari ruang kerja yang dapat menginspirasi karyawannya, ruang kerja yang mengutamakan karyawan dan melibatkan kolaborasi dan interaksi. Dengan bekerja di lokasi WeWork dan mengintegrasikan karyawan mereka dengan komunitas inovator dan entrepreneurs di WeWork, kini, Sinar Mas Mining memiliki akses luas untuk mengeksplorasi peluang baru bagi inovasi bisnis. 2

“Sebagai perusahaan yang mapan yang ingin meningkatkan kemampuan kami, kami fokus pada cara kami mengubah lingkungan kerja kami sehingga dapat melibatkan karyawan kami lebih baik. Ketika saya memikirkan ruang kerja, tim yang kami miliki, dan bagaimana kami ingin memberdayakan mereka, satu kata kunci yang saya pikirkan adalah “Empowerment,” jelas Swasono Satyo, Chief Human Resources Officer.

“Ruang kerja kami di WeWork Sinarmas MSIG Tower telah memberikan kesempatan bagi karyawan kami untuk menyatu dengan bisnis dan visi bersama, sambil membangun budaya fleksibilitas dan kolaborasi di antara mereka.” Solusi: ruang kerja yang gesit yang terhubung dengan pengalaman karyawan Berkomitmen untuk menciptakan ruang kerja yang millennial-friendly, tim Sinar Mas Mining yang terdiri dari 150 orang sekarang duduk di kantor pribadi mereka di WeWork Sinarmas MSIG Tower. Sejalan dengan roadmap pemerintah yang terintegrasi, ‘Making Indonesia 4.0’, hal ini juga membantu tim Sinar Mas Mining untuk berkembang dengan memanfaatkan jaringan global dari WeWork.

“WeWork telah mengubah pengalaman kantor tradisional dan mendorong kami untuk memahami ruang kerja dengan cara yang berbeda. Terlepas dari ruang fisik, kami juga menghargai pengalaman dinamis yang dapat kami ciptakan untuk karyawan kami,” tambah Satyo. “Ini membantu kami memahami peluang kami, dan solusi yang dapat meningkatkan budaya kerja kami lebih baik lagi.” Lokasi pusat WeWork Sinarmas MSIG Tower juga berada dekat dengan kantor Sinar Mas di Sudirman Central Business District (SCBD), Sudirman, hal ini merupakan sebuah keuntungan lain dari kerja sama ini. Dari perspektif estetika, desain ruang WeWork menggabungkan warna-warna cerah, dengan sentuhan budaya tradisional Indonesia.

WeWork memahami kebutuhan yang penting bagi Sinar Mas Mining. Area kerja yang tenang sangat membantu dalam produktivitas tim, sementara ruang terbuka dan interior yang dinamis mendorong kreativitas mereka. Dengan inisiatif tim WeWork yang sering menyelenggarakan sesi khusus bagi para anggota seperti acara networking hingga acara professional development, karyawan Sinar Mas Mining tidak hanya dapat menumbuhkan ikatan yang kuat antar tim, tetapi juga meningkatkan network di luar perusahaan. Komitmen untuk memodernisasi lingkungan kerja untuk menginspirasi energi baru, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan menarik minat karyawan di masa depan adalah bagian dari program Employee Value Proposition dari Sinar Mas Mining dan inisiatif untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan produktivitas karyawan.

Hasil: peningkatan kolaborasi antara karyawan saat ini dan transformasi kerja bersama Melalui survei kepuasan karyawan di perusahaan, Sinar Mas Mining telah menemukan bahwa karyawan mendapat lebih banyak manfaat dari ruang kerja bersama, dengan peningkatan 10% dalam produktivitas karyawan dan kepuasan karyawan.

“Membuat orang keluar dari budaya kantor tradisional dan memasuki lingkungan kerja kolaboratif, diterima dengan baik oleh karyawan kami,” kata Satyo. “Visi kami adalah terus bekerja bersama WeWork untuk membantu kami dalam berpikir, berkolaborasi, dan berinovasi di pekerjaan kami.” Memasuki peringatan satu tahun bersama WeWork, Sinar Mas Mining sekarang memiliki ruang yang mudah diakses di jantung kota Jakarta yang memungkinkan mereka memperluas tenaga kerja mereka di kota ini.

Kerja sama Sinar Mas Mining dengan WeWork merupakan bukti nyata bagaimana keterlibatan, kolaborasi, dan pada produktivitas yang diperoleh dari memiliki kantor yang baru dapat menyegarkan budaya perusahaan dan menginspirasi keterlibatan yang lebih besar dalam karyawan.

homediary