HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
Teks: I Made Bagus Dwi Darmadi Laksana Putra Suardama l Foto: Istimewa

TIPS MERAWAT FURNITURE KAYU DENGAN BAHAN LEBIH ALAMI

I Made Bagus Dwi Darmadi Laksana Putra Suardama Mahasiswa Desain Interior Petra

Ada banyak pemilihan finishing untuk sebuah produk Interior. Untuk produk berbahan kayu banyak sekali jenis jenis finishing yang bisa di aplikasikan untuk membuat produk tersebut telihat lebih menarik, dan tentu saja membuat produk tersebut menjadi awet dan tahan lama. Sebut saja Melamine, Teak Oil, Pernis, Politure, Cat Duco dan masih banyak bahan lain untuk sebuah finishing. Dalam artikel ini saya ingin membahas sebuah finishing Beeswax.

Beeswax adalah sebuah produk dari lebah yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Beeswax adalah sebuah lilin yang diproduksi dari sarang lebah. Umumnya Beeswax mempunyai susunan bahan yang terdiri dari ester asam lemak dan berbagai senyawa alkohol. Beeswax merupakan salah satu polimer paling tua yang diterapkan oleh manusia. Pada awalnya Beeswax memiliki kegunaan yaitu sebagai bahan untuk perawatan kulit hingga pengobatan, bahkan sekarang Beeswax juga digunakan untuk bahan dasar minyak rambut pria.

Sekarang, Beeswax bisa dipakai sebagai sebuah finishing untuk furniture yang terbuat dari kayu. Beeswax terbukti dapat meningkatkan ketahanan substrate atau media kayu terhadap faktor perubahan cuaca, seperti di Indonesia yang akhir akhir ini mengalami perubahan cuaca yang ekstrim. Manfaat lainyaa dalah beeswax dapat memperindah warna kayu. Jika sebelumnya warna kayu kusam maka bisa menjadi cerah setelah dilapisi Beeswax. Pengaplikasikannya ke media kayu juga tidak susah, bahkan bisa dibilang gampang. Caranya adalah yang pertama harus dipastikan bahwa permukaan kayu dalam keadaan bersih, sebaiknya diampelas dahulu sehingga permukaan kayu menjadi bersih dan lebih halus. Kemudian oleskan cairan Beeswax pada permukaan kayu yang sudah siap.
Biopolish beeswax terbuat dari bahan utama beeswax atau lilin lebah. Komposisi lainya menagndung antiseptic alami dan natural oil. Produk ini sangat tepat digunakan sebagai perawatan furniture kayu. namun anda juga dapat menggunakanya sebagai finishing yang bersifat sementara dengan hasil natural. Perawatan furnitur kayu yang berada di dalam rumah sangat tepat menggunakan biopolish beeswax. Tidak berbau dan sangat mudah digunakan. Tak hanya itu, biopolish beeswax bersifat aman untuk kesehatan terutama jika bersentuhan langsung dengan makanan.

Nah bagimaana cara pakai biopolish beeswax untuk perawatan furnitur kayu ? simak tutorial berikut ini.

Bersihkan terlebih dahulu furniture yang akan anda poles dengan biopolish beeswax. – Bersihkan bagian-bagian yang sempit atau tidak terjangkau dengan tangan menggunakan sikat gigi bekas. – Selanjutnya lap furniture kayu dengan kain sehingga debu atau kotoran yang menempel hilang. – Setelah kondisi furniture bebas debu dan kotoran, gunakan biopolish beeswax secara tipis dan merata keseluruh bagian furniture. – Diamkan beberapa saat agar meresap kedalam substrat material kayu – Gosok dengan kain atau mesin pemoles hingga terlihat bersih dan halus.

homediary