HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior
Tjipta House, Synergized Tropical House
Teks: RA Larastio l Foto: Bambang Purwanto

Tjipta House, Synergized Tropical House

Rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal suatu keluarga, tetapi juga dapat mencerminkan karakter pemiliknya melalui desain yang tercipta. Sebuah hunian harus senyaman dan seramah mungkin bagi orang-orang yang tinggal dan berada di dalamnya. Karena impian setiap orang akan rumah idaman tidak selalu sama. Namun ada satu hal yang sama di setiap desain, yaitu keinginan untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman di griya tempat mereka beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.
Itulah yang dilakukan seorang Arsitek Gerard Tambunan dari Wahana Architects pada rumah seluas 450 meter persegi yang berlokasi di Modern Land ini. Dibangun oleh Biro Kontraktor Dimigo Pratama, prinsip yang dipegang sang arsitek pada rumah yang dinamakan Tjipta House ini adalah membuat rumah baru dengan penambahan fungsi ruang baru dari rumah lamanya. Bentuk sederhana namun cukup mewakili semua aktivitas sehari-hari seluruh keluarga merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh pemilik rumah.
Latar belakang konsep adalah penyesuaian karakter pemilik yang sederhana dengan mengimplementasikan arsitektural yang dieksplor secara sederhana pula. Dengan menangkap kekuatan dari lingkungan sekitar juga. Ide berangkat dari keinginan pemilik rumah yang tidak ingin terlalu mengeksplorasi bentuk bangunan secara ekspresif. Rumah yang terdiri dari dua lantai ini dibuat sekompak dan seefektif mungkin. Bagian-bagian rumah dibuat sangat fungsional untuk memenuhi kebutuhan penghuninya. Dengan pembagian zona ruangan yang terbagi menjadi tiga bagian. Antara lain area privat yaitu kamar dan ruang belajar yang ditempatkan di lantai teratas, sedangkan lantai 2 untuk area publik (ruang bersama) dan area servis yang terdiri dari basement ditambah dengan ruang hobby… (Lihat selengkapnya di Majalah Home Diary #012/2015)

HomeDiary

Add comment