Rotterdam Fort, the Other Side of East Indonesian History

Rotterdam Fort, the Other Side of East Indonesian History

0 462
Rotterdam Fort, the Other Side of East Indonesian History
Teks: Chandra Sumawinata Foto: Bambang Purwanto

Menilik sejarah Rotterdam Fort atau Benteng Ujung Pandang ini seperti menelusuri kisah sejarah dari berbagai dimensi. Filosofi arsitekturnya mengagumkan dan refleksi kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo. Pun peralihan fungsinya menggambarkan kekayaan rempah Kawasan Timur Indonesia.

2Dari sudut wujud konstruksi, kita akan berpengetahuan soal filosofi Kerajaan Gowa di masa silam. Rotterdam Fort merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo, terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallonna. Pada mulanya benteng berbahankan dasar tanah liat, tetapi pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin, konstruksi benteng diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst di daerah Maros.

3Benteng Ujung Pandang berwujud seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Dari segi bentuknya sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut, merefleksikan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun samudera… (Lihat selengkapnya di Majalah Home Diary #009/2015)

4

Kami yakin sebuah karya desain bukanlah sesuatu yang kaku dan monoton, melainkan dapat menjadi sesuatu yang dinamis, ceria, dan penuh warna, sehingga dapat menjangkau hati para pembaca untuk menjadi lebih nyaman dan senang. Kami mengedepankan fitur tren dan berita terkini seputar desain arsitektur, interior, dan produk Indonesia serta manca negara, sehingga Majalah Home Diary menjadi inspirasi dan referensi gaya hidup bagi para pembaca sekalian.Kami akan selalu mengunjungi Anda dengan menyuguhkan artikel-artikel yang sangat komprehensif, termasuk foto – foto yang indah dalam kemasan penuh warna dan menarik. Workshop: Jl. Gotong Royong Raya No. 3 RT/RW 04/06, Kel. Gandaria Utara, Kec.Kebayoran Baru Jakarta Selatan Hotline #s 0852 1850 4131 / 021 9247 9767 Marketing & Promotion #s 0817 8671 57 / 0852 1850 4131

NO COMMENTS

Leave a Reply