HomeDiary - Majalah Arsitektur dan Interior

Yori Antar – Exploring Nusantara

Eksplorasi seorang Yori Antar yang mengantarnya kepada inspirasi yang tidak ada batasnya dari budaya
dan arsitektur tradisional di Nusantara.

Namanya sudah begitu dikenal sebagai salah satu arsitek yang mengembangkan dinamika arsitektur di Indonesia hingga saat ini. Karya arsitekturnya telah tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan ikut membangun wacana bangunan rumah modern di Indonesia. Namun, perjalanan dan eksplorasinya tidak berhenti dalam karya-karyanya. Hobi fotografi dan ketertarikannya untuk travelling, mempelajari, dan menemukan hal baru membuatnya selalu semangat dan peduli untuk lebihdalam mengamati dan mempelajari pengetahuan baru.
Nilai dan budaya lokal kemudian mulai mengusik ketertarikannya, hingga akhirnya Yori Antar memulai gerakan bernama Rumah Asuh. “Arsitek jaman sekarang itu mestinya jauh lebih beruntung, karena jaman saya tidak diajarkan arsitektur Nusantara melainkan lebih banyak mengambil contoh dari karya-karya arsitek modern dari luar negeri.
Harapan saya, Rumah Asuh ini bisa membuat kita melihat kembali arsitektur Nusantaraâ€, jelas Yori. Ketika ditanya bagaimana perkembangan arsitektur di Indonesia saat ini, Yori melihat ada hal positif yang telah jauh berkembang dibandingkan pada jamannya. Arsitektur telah menjadi berita dan diliput oleh berbagai media. Hal ini menjadi hal spesial yang harus dicermati. “Pada dasarnya arsitek harus bisa dekat dengan masyarakat, karena saling membutuhkan.

Dengan begitu arsitek bisa melihat permasalahan sehari-hari dan mencarikan solusi terbaik dan selalu menjadi down to earth terhadap hal kekinianâ€, Yori menambahkan. Arsitek masa kini mestinya tidak hanya berkiblat pada arsitek luar negeri, tetapi mengulik potensi lokal yang kemudian dikombinasikan dengan paradigma bangunan modern dan teknik industrial yang dikenal saat ini. “Kedua hal tersebut bila digabungkan akan menjadi sumber inspirasi yang tidak terbatas. Kita semestinya bisa menginspirasi dunia, disinilah arsitek muda harus trampil dan memiliki wawasan luasâ€, Yori berkomentar tentang penggabungan sudut pandang modern dan detail serta ketrampilan tradisional. Obsesinya adalah menghasilkan karya arsitektur yang baik dan benar, benar dari segi desain, tetapi juga benar dari segi sikap. Dia sendiri tidak pernah tahu apakah sudah berhasil berkarya dengan baik dan benar, tetapi semangatnya masih terus membara untuk berkarya. “Arsitek itu harusnya tidak hanya berhenti pada mendesain bangunan, dia semestinya memberikan sumbangan pemikiran untuk mencari solusi paling baik untuk pemecahan masalah sosial budaya di masyarakatâ€, dia menjelaskan ideologinya.

HomeDiary

Add comment